Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya

Rindu Ramadhan

Rindu Ramadhan

# Mengikat Makna #

Puji syukur kepada Allah karena pagi ini msh diberikan kesempatan untuk berjalan ringan menuju majelis ilmu, tidak semua orang diberikan kesempatan sepertiku pagi ini. Ada yang ingin ikut kajian tapi saat ini sedang tidak enak badan, Allah memberikan rasa sakit hingga tidak bisa berangkat kajian, ada juga yang sehat tapi ada rasa malas di hati maka saat ini tetap berada dirumah. Kesehatan dan kesempatan itu Allah berikan kepadaku hari ini.

Pagi ini ustadz Joko menjelaskan tentang puasa, puasa Ramadhan insya Allah akan segara datang, sebagai umat islam tentu kita akan menyambut dengan kegembiraan, tujuan utama puasa kita adalah menjadi orang yang taqwa.

Ciri orang yang taqwa adalah :

1. Menggunakan Al Quran sebagai pedoman hidup kita secara kaffah, tanpa pilih 2 ayat yang disesuaikan dengan keinginan kita. Kita harus mengamalkan Al Quran dengan penuh sesuai petunjuk Allah.

2. Percaya pada yang ghoib. Kita harus percaya dengan hal yang ghoib, banyak di Al Quran menyebutkan segala sesuatu yg ghoib, diantaranya adanya siksa kubur, adanya surga dan neraka dll, kalau kita percaya berarti kita termasuk makhuk yang percaya.

3. Mendirikan sholat

Mendirikan sholat tidak hanya melaksanakan sholat. Kalau sholat seseorang benar maka akan dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Bila ada yg sholat tapi masih berbuat dosa maka dipastikan sholatnya belum benar.

4. Mengeluarkan Zakat

Orang yang bartaqwa akan mengeluarkan zakat dari semua harta yang di miliki.

Tak kala kita bisa melaksanakan puasa ramadhan dengan benar maka kita akan menjadi orang yang mutaqin.

Mengapa kita bahagia menyambut ramadhan? Karena pada bulan ramadhan itu :

1.Pada bulan romadhan awal Al quran di turunkan pertama kali, Al Quran tidak diturunakan langsung satu musaf tapi di sesuaikan dengan kebutuhan, untuk itu Al Quran di turunkan tidak bersamaan.

Di dalam Al. Quran sudah di tunjukan segala hal yang baik dan yang buruk, Alquran diganakan kita untuk petunjuk hidup.

2.Puasa Ramadhan dapat menghapuskan dosa - dosa kecil, ingat yang dihapus adalah dosa 2 kecil, untuk dosa besar orang tersebut harus bertaubat dengan benar. Ciri orang taubat adalah menyesali perbuatan yg dilakukan, berhenti dari maksiat yg dilakukan, tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi maksiat itu lagi.

3. Di bulan ramdhan ada malan lailautul qodar, malam yg lebih baik dari seribu bulan.seribu bulan sama dengan 83 tahun, 4 bulan.Apabila kita kita bisa mendapatkan malam lailatul qodar berarti kita akan mendapatkan pahala seperti ibadah selama 83 tahun, 4 bulan.

Orang - orang yang boleh meninggalkan puasa ramadhan

1. Orang yang sedang sakit

Apabila di khawatirkan sakit tersebut membahayakan hidupnya.

2. Orang yang musafir / berpergian

Apabila orang yang berpergian dan sudah bisa mengkosor sholat, maka diperbolehkan untuk tidak puasa.

3. Orang yang sedang mengalami haid dan nifas

Bagi perempuan yang sedang haid dan nifas tidak diperbolehkan untuk puasa, dan wajib mengganti di lain kesempatan.

4. Perempuan yang sedang hamil dan menyusui

5. Orang lemah dan tidak mampu lagi untuk berpuasa dan orang sakit yang sudah tidak bisa diharapkan kesembuhany, tapi orang itu harus membayar fidyah.

Orang yang memberikan buka puasa maka kita akan memdapatkan pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa pahala kita di kurangi.

Memberikan buka puasa kita juga akan mendaotkan ampunan dari Allah dan menjauhakan kita dari neraka.

Dzikir kepada Allah di bulan ramdhanan akan membuat terkabulnya doa kita dan diampuninya dosa kita.

# indahnyangaji#cintaterbaikku#cintatakpernahsalah#13mei 2018#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali