Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya

Jangan Biarkan Terbuang Percuma

Jangan Biarkan Terbuang Percuma

#Mengikat Makna #

Setelah puas bermain game, putri kecilku mengajak makan siang, " Ibuk adik lapar, pingin makan yang enak.." Aku tersenyum memdengar permintaanya. " Adik ingin makan dimana?" Kulihat ia berpikir sejenak, kemudian berkata aku ingin makan di Prekju dekat SMANAGA, aku tersenyum, dan mengiyakan permintaanya.

Lima menit perjalanan dari Gardena sampai di Restoran yang dituju, kuparkirkan motor Varioku, dan kamipun turun. Kulihat restoranya ramai sekali, banyak pasangan muda mudi yang makan di tempat ini, putriku bilang kalau Prekju di sini murah dan enak makanya laris banget, harga bersahabat dengan kantong pelajar kata putriku sambil tersenyum.

Kami memesan Prekju dua porsi dan minuman dua gelas teh manis, setelah cuci tangan dan berdoa kami makan dengan lahap. Kulihat di sekitarku juga banyak yg sedang menikmati makanan dengan lahap, sambil ngobrol dan ketawa - ketiwi bersama teman dan mungkin pacarnya.

Tak terasa makanan di piring kami habis tanpa sisa, kami sama - sama tersenyum karen telah menghabiskan makanan tanpa sisa. Kulihat di meja - meja yang lain mereka juga sudah selesai makan, namun ada yang menarik perhatianku, hampir semua makanan dan minuman yang mereka pesan tidak dihabiskan, alias masih tersisa di piring dan gelas mereka.

Apakah Anda juga pernah melihat hal semacam itu? Mungkin tidak di restoran, mungkin Anda lihat di tempat - tempat pesta , atau di tempat - tempat yg menggelar syukuran dengan makan - makan. Banyak dari mereka yang mengambil sendiri, memilih menu sendiri namun pada akhirnya makanan dan minuman yang di pilih tidak dihabiskan.

Kita harus ingat makanan yang tidak kita habiskan itu akan terbuang sia - sia, padahal jumlahnya sangat banyak. Sementara orang di sekitar kita banyak yang menginginkan makanan itu, bahkan mungkin ada yg belum pernah memakanya.

Kita harus belajar berempati dengan orang lain, pun ketika kita sedang menikmati hidangan, biasakan memgambil secukupnya dan memastikan harus habis kita nikmati. Jangan menuruti hawa nafsu karena daya tampung perut kita sangat terbatas. Ingatlah pilihlah menu yang benar - benar kita inginkan. Jangan pernah gengsi untuk menghabiskan makakan yang telah kita ambil, setiap makan aku selalu ingat pesan almarhumah Ibu, beliau bilang makan haris di habiskan biar berkah.

Kalau sudah tahu seperti ini masihkah kita akan membuat makanan terbuang dengan sia - sia. Semoga jawabnya tidak.

#Magelang, 14 April 2018 #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali