Murtiningsih

Guru Pembimbing di SMK N 2 Magelang...

Selengkapnya
Belajar Membuka Diri

Belajar Membuka Diri

Belajar Membuka Diri

# Mengikat Makna #

Hubungan antar pribadi dimulai apabila masing - masing pribadi mau membuka tentang dirinya. Hubungan dengan seseorang bisa terjalin dengan akrab dan berlangsung lama semua disebabkan keduanya saling terbuka.

Membuka diri merupakan suatu tindakan bagaimana seseorang menanggapi situasi saat ini dan memberikan sejumlah pengalaman berdasarkan pemahaman dirinya saat itu. Membuka diri juga merupakan kemampuan diri untuk melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Apabila seseorang membuka diri maka akan dimilikinya kemampuan untuk menerima banyak hal baik dari dalam dirinya maupun dari luar dirinya.

Membuka diri dengan orang lain ditandai apabila kita jujur dan tulus memberikan informasi tentang diri kita, tidak ada yang ditutup2pi apalagi disembunyikan.

Apabila kedua belah pihak sudah saling terbuka dan mampu memberikan informasi tentang dirinya dengan jujur dan benar , disitulah awal sebuah kepercayaan untuk memulai sebuah hubungan.

Apabila kita membuka diri dengan orang lain, membuat orang lain akan menaruh kepercayaan kepada kita dan mempercayai kita, kalau sudah seperti itu maka hubungan yang akrab akan bisa terwujud. Makanya kita mengenal yang namanya teman akrab, sahabat kental atau sejenisnya.

Apabila kedua pribadi saling menyadari keberadaanya masing - masing, memahami dan mengenali dirinya dengan baik, menerima dirinya atas segala kelebihan dan kekurangan maka akan didapatkan kualitas hubungan yang terbuka, apa adanya tidak dibuat - buat.

Pada akhirnya kita harus menyadari bahwa kita tak pernah bisa hidup sendiri, kita selalu membutuhkan orang lain, untuk itu kita harus terus belajar untuk membuka diri agar kehidupan kita menjadi lebih mudah.

#indahnya jadi guru #Cinta terbaikku #Cinta tak pernah salah #16 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali